diamond

Sabtu, 09 Maret 2013

Bahasa Inggris Untuk Tingkat Pemula (Young Learner)



                               Bahasa Inggris Untuk Tingkat Pemula (Young Learner)

Bahasa inggris merupakan pelajaran yang sangat sulit dimengerti oleh pemula, terutama untuk anak tingkat SD, baik dari segi tulisan maupun dari segi pelafalan keduanya menduduki tingkat kesulitan yang sama.
            Pelafalan dalam bahasa inggris tidak sama seperti tulisannya, oleh sebab itu anak-anak merasa kesulitan dalam hal memahami pelajaran bahasa inggris. Untuk menyikapi hal tersebut, guru-guru banyak yang mengikuti seminar-seminar tentang media apa saja yang bisa membuat anak-anak tertarik sekaligus mengerti tentang pelajaran bahasa inggris.
            Sebenarnya banyak sekali media-media yang bisa di gunakan untuk mengajar anak tingkat SD. Diantaranya: tebak gambar, mencocokkan kata, dll. Tebak gambar yang dimaksud disini adalah guru menyediakan gambar kemudian tugas murid adalah mencari kosa kata yang sesuai dengan gambar. Hal ini sudah terbukti mampu menarik minat siswa, sehingga mereka bisa focus pada pelajaran. Media yang lainnya adalah mencocokkan kata, guru menyiapkan media berupa beberapa kosakata, tugas siswa mencocokkan kata perkata misalnya: fruit di pasangkan dengan anggur,apel dll. Media ini mampu melatih otak siswa cepat merespon sekaligus menghafalkan kosakata.
            Alasan utama mengapa kita sebagai guru dituntut mampu menciptakan media yang menarik untuk siswa, karna Salah satu karakter dari anak tingkat SD adalah mereka hanya memiliki tingkat kefokusan sangat pendek. Kalau guru hanya menerangkan kemudian menyuruh siswa mengerjakan LKS (lembar kerja siswa), hal itu akan menyebabkan anak didik merasa bosan, dan akhirnya kelas jadi gaduh. Jika hal itu terjadi maka apa yang di ajarkan guru tidak akan tersampaikan dengan baik.
            Mengajar juga harus memiliki keahlian khusus, terutama bahasa inggris. Mengajar anak tingkat SD, tidak akan sama dengan anak tingkat SMP ataupun SMA. Mereka memiliki karakter yang berbeda-beda. Khusus anak tingkat SD, mereka akan senang apabila guru melibatkan gerakan tubuh sekaligus dikolaborasikan dengan media yang menarik. Jangan pernah menyalahkan siswa apabila mereka salah dalam menjawab pertanyaan guru, karna hal itu akan membuat siswa tidak percaya diri dan akan mudah takut dalam mengungkapkan pendapat mereka. Cobalah untuk lebih santai dalam mengajar, sehingga antara murid dan guru akan terasa nyaman. Dengan menciptakan atmosfer yang nyaman diharapkan proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar